Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan. Foto : Bisnis.com

Pelindo IV Rencana Hubungkan Makassar New Port dan Jalan Tol

Bisnis Terkini

Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan. Foto : Bisnis.com

JAKARTA, MEDIAMAKASSAR.COM- PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) atau Pelindo IV berinisiatif membangun jalan akses yang menghubungkan jalan tol existing dengan Makassar New Port atau MNP guna mewujudkannya sebagai pelabuhan berskala internasional.

Direktur Utama PT Pelindo IV Prasetyadi mengatakan dalam rangka mendukung adanya pelabuhan yang berskala internasional memang membutuhkan adanya jalan akses, penghubung antara jalan tol eksisting dengan MNP. Saat ini, untuk menuju MNP, pengguna jasa masih harus melalui Pasar Panampu dan Jalan Galangan Kapal yang krodit dan sebagainya.

“Kondisi itu tidak sejalan dengan konsep pelabuhan yang berskala internasional. Karena itu kami berinisiatif untuk membuat jalan akses yang menghubungkan jalan tol eksisting dengan MNP,” jelasnya melalui siaran pers seperti dikutip Mediamakassar.com dari Bisnis.com (20/5/2021).

Dia melanjutkan hal itu tidak bisa berjalan dan tidak bisa terwujud kalau tidak didukung oleh Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar dan oleh kementerian serta lembaga terkait seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Rencana yang paling besar adalah melakukan pembebasan lahan. Sesuai rencana kalau tidak ada halangan, pertengahan tahun ini fisiknya sudah bisa dimulai pembangunan jalan tolnya. Konsep jalan masuknya rumah adat Toraja dan di belakangnya rumah adat suku Bugis. Seperti kapal Phinisi.

“Kalau persoalan tanah sudah selesai, segera kita bangun konstruksi fisiknya,” bebernya.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Bambang Priono meminta agar Pemkot Makassar dalam hal ini Dinas Pertanahan Kota Makassar agar segera melakukan penetapan lokasi sebagai bagian dari tahapan yang ada dilanjutkan dengan sosialisasi dari Pemkot Makassar.

“Mudah-mudahan kolaborasi kita berjalan dengan baik dan apa yang kita lakukan terlaksana seperti yang kita inginkan bersama untuk Sulawesi umumnya dan Makassar khususnya bisa lebih baik lagi,” ujar Bambang.

Sementara itu, Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menuturkan bahwa pihaknya mendukung rencana pembangunan akses jalan tol tersebut. Pada prinsipnya, pihaknya juga ingin mempercepat akses jalan tol menuju MNP dengan tanpa mengganggu delianisasi rel kereta api.

“Dan saya minta, bangun komunikasi yang baik serta pelibatan masyarakat sekitar MNP. Fasilitas umum di area ini juga kiranya dapat ditingkatkan melalui program CSR Pelindo IV,” katanya (BI/MMC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *